WORKSHOP MANAJEMEN DAN TATA KELOLA HOMESTAY OLEH TIM PKM UNY

14 September 2025
HERU PRASETYO
Dibaca 8 Kali
WORKSHOP MANAJEMEN DAN TATA KELOLA HOMESTAY OLEH TIM PKM UNY

Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan wisata dan memperkuat kapasitas pelaku usaha akomodasi lokal, tim PKM UNY menyelenggarakan Workshop Manajemen dan Tata Kelola Homestay. Kegiatan ini diikuti oleh para pengelola homestay yang berada di wilayah mitra, yaitu di Kalurahan Sendangsari dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai standar pelayanan, manajemen operasional, serta strategi pengembangan homestay yang profesional.

Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada Hari Minggu 14 September 2025 di Kalurahan Sendangsari, Tim PKM UNY mengadakan kegiatan Pelatihan/ Workshop Pemasaran Produk UMKM  melalui E-Commerce Dan Media Sosial (Digital Marketing) untuk UMKM Sendangsari, acara ini dihadiri oleh oleh Lurah Sendangsari beserta pamong, dan dari Tim PKM UNY yang di ketuai oleh Prof. Dr. Kuswarsantyo, M.Hum, dengan anggota Dr. Ir. Muhkamad Wakid S.Pd. M.Eng., Prof. Dr. Asri Widowati S.Pd.Si., M.Pd. dan M. Heni Winahyuningsih, M.Hum. berserta mahasiswa UNY. Peserta terdiri dari pelaku pengelola wisata dan pengelola home stay yang ada di Sendangsari, Pamong Kalurahan Sendangsari dan Mitra sebanyak kurang lebih 30 peserta.

Workshop ini menghadirkan materi yang mencakup berbagai aspek penting dalam pengelolaan homestay, mulai dari penataan ruang yang nyaman, prosedur penerimaan tamu, pencatatan administrasi, hingga pengelolaan kebersihan dan keamanan. Peserta juga diperkenalkan dengan konsep hospitality dan standar pelayanan yang sering diterapkan dalam industri pariwisata modern. Dengan demikian, para pengelola dapat meningkatkan kualitas layanan dan menciptakan pengalaman menginap yang lebih menyenangkan bagi wisatawan.

Selain pemaparan materi, kegiatan ini juga dilengkapi dengan sesi praktik dan diskusi. Para peserta diajak untuk memahami cara menata kamar, membuat SOP sederhana, hingga menyusun harga layanan secara tepat dan berkelanjutan. Melalui diskusi interaktif, peserta saling berbagi pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi dalam mengelola homestay, sehingga menghasilkan solusi yang relevan dan mudah diterapkan.

Workshop Manajemen dan Tata Kelola Homestay ini menjadi langkah strategis dalam penguatan sektor pariwisata berbasis masyarakat. Diharapkan setelah kegiatan ini, pengelola homestay dapat menerapkan praktik manajemen yang lebih baik, meningkatkan kualitas pelayanan, dan berperan aktif dalam upaya memajukan potensi wisata lokal secara berkelanjutan.(HRP)